Rencana
Pelaksaan Pembelajaran
(RPP)
Sekolah : SMP N 3
Mengwi
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas / Semester :
VIII/C
Standar Kompetensi :
-
Memahami
makna dalam teks lisan fungsional dan monolog pendek sederhana berbentuk
descriptive untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar serta
-
Memahami makna dalam percakapan
transaksional dan interpersonal sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan
sekitar
Kompetensi Dasar :
-
Merespon makna yang terdapat dalam teks
lisan fungsional pendek sederhana(misalnya, descriptive teks tentang hewan)
secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan
sekitar.
-
Merespon
makna yang terdapat dalam percakapan transaksional (to get things done)
dan interpersonal (bersosialisasi)
sederhana secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan
lingkungan sekitar yang melibatkan tindak tutur: meminta, memberi, menolak
jasa, meminta, memberi, menolak barang, mengakui, mengingkari fakta, dan
meminta dan memberi pendapat.
1.1-Mengidentifikasi
informasi yang terdapat dalam descriptive teks
tentang hewan.
-Mengemukakan ciri kebahasaan dalam
descriptive teks tentang
hewan.
-Merespon ciri kebahasaan dalam teks descriptive pendek tentang
hewan berupa pesan singkat.
1.2
- Merespon ungkapan meminta,
memberi, menolak jasa.
-Merespon
ungkapan meminta, memberi, menolak barang.
-Mengakui,
mengingkari fakta.
-Merespon
ungkapan meminta dan memberi pendapat.
Jenis Teks :
Descriptive dan Transaksional Interpersonal
Tema : Animal
dan daily activity
Aspek/ Skill : mendengarkan
Alokasi waktu : 4 x 40 menit
1. Tujuan
Pembelajaran
Pada akhir
pembelajaran siswa dapat :
1.1
-Merespon makna dalam descriptive teks
tentang ciri-ciri hewan.
-Merespon
makna berbentuk pesan singkat dalam descriptive teks tentang hewan.
1.2-Merespon ungkapan meminta, memberi, menolak jasa.
-Merespon ungkapan meminta, memberi, menolak barang.
-Mengakui,
mengingkari fakta.
-Merespon
ungkapan meminta dan memberi pendapat.
2. Karakter
-
Tanggung jawab
-
Motivasi
-
Kerjasama
-
Individu
-
Disiplin
3. Materi
Pembelajaran
Metting
1:
Descriptive
teks tentang hewan
Rabbit
A rabbit is a small
mammal with a short tail and pointed ears. Rabbits live in burrows in the
ground. Each burrow is the home of a single family. they are found in every
part of the world. Compared to is small body, rabbit has large sized ears.
A rabbit is a weak and timid animal and is always surrounded by many enemies. Therefore nature has gifted it with large ears to help it to hear even the fun of drop sound. And this animal very like with carrot. |
Ungkapan
Meminta, Memberi dan Menolak Jasa
|
|||||
Asking
for
|
Giving Service
|
Rejecting Service
|
|||
Can
|
you post this letter for me?
|
Sure
|
sorry
|
||
Could
|
you close the window, please?
|
Certainly
|
I'm Sorry
|
||
Will
|
you bring me these book?
|
Ok
|
I'm sorry I can't/couldn't
|
||
Would
|
you please keep silent?
|
Alright
|
I'm afraid I can't
|
||
Would
|
you like to help me?
|
of course
|
|||
Yes, …
|
|||||
Would
|
you mind opening the door?
|
Of course not
|
|||
|
Metting 2:
a.
Ungkapan – ungkapan meminta, memberi,
dan menolak barang.
Meminta Barang
|
Memberi Barang
|
Menolak Barang
|
1.
Give me …..
2.
Could you……
|
1.
Here you are
2.
Here it is
|
No thanks
|
Dialog:
A:
Can you give me the camera please?
I want to take the picture of the monkey.
B:
Yes, wait a moment, please.
Here you are.
A:
Ok, Thanks.
B:
do you need something else?
A:
No, thank you.
b.
Ungkapan – ungkapan mengakui fakta dan
mengingkari fakta.
Mengakui Fakta
|
Mengingkari
Fakta
|
1.
Yes, I do/did
2.
Oh, I know
3.
Yes, I see
|
No, I don’t
No, I didn’t
No, it wasn’t
|
Dialog
:
A:
Did you take the picture of the lion in the zoo?
B:
Yes, I did.
A:
So, did you take the picture of the snake too?
B:
No. I did not
c.
Ungkapan - ungkapan meminta dan member
pendapat
Meminta
Pendapat
|
Memberi
Pendapat
|
1.
What do you think about……
2.
Do you think …………
|
1.
I think ……
2.
I think so.
|
Dialog:
A:
what do you think about this butterfly?
B
I think this butterfly is very beautiful.
A:
Do you think, it has a wonderful color?
B:
I think so.
4. Metode
Pembelajaran
-
Audio – Lingual method
-
Three
_ Phases technique
-
Drill
-
Penugasan
Langkah – Langkah Kegiatan
Meeting 1:
a.
Langkah Awal:
o
Perkenalan
o
Salam dan tegur sapa
o
Absensi
o
Tanya jawab tentang hal yang berkaitan
dengan topic yang akan diajarkan
b.
Kegiatan Inti
Eksplorasi
o
Menampilkan kartu-kartu bergambar hewan
kepada siswa dan siswa menyebutkan nama-nama hewan yang ada didalam kartu
dengan pengucapan yang benar
o
Memberikan petunjuk-petunjuk tentang
hewan dan menyuruh siswa untuk menebak nama hewan tersebut
Elaborasi
o
Siswa mendengarkan contoh guru membaca descriptive
teks tantang hewan secara nyaring
o
Siswa mendapat test lisan berupa teks
descriptive yang beberapa katanya telah diilangkan,dan mencocokkan pilihan
jawaban yang benar.
o
Siswa membuat contoh descriptive teks
tentang hewan secara group dan individu
o
Siswa membaca nyaring descriptive teks
tentang hewan yang telah dibuatnya secara group maupun individu
Konfirmasi
o
Menanyakan
siswa tentang kesulitan selama proses belajar
c.
Kegiatan Penutup
o
Guru
menugaskan siswa untuk membuat mendeskripsikan beberapa hewan.
o
Guru memberikan gambaran tentang materi
pada pertemuan selanjutnya.
Meeting 2:
a.
Langkah Awal:
o
Salam dan tegur sapa
o
Absensi
o
Tanya jawab tentang hal yang berkaitan
dengan topic yang akan diajarkan
b.
Kegiatan Inti
Eksplorasi
o
Menjelaskan hal – hal yang digunakan
dalam teks/ percakapan.
o
Guru menjelaskan ungkapan – ungkapan
yang dipergunakan di dalam kalimat.
o
Menentukan makna dan fungsi kalimat yang
didengarkan.
o
Siswa menirukan kalimat – kalimat yang
diucapkan oleh guru.
o
Siswa mendengarkan percakapan yang
diucapkan oleh guru.
Elaborasi
o
Menjawab pertanyaan tentang isi
percakapan.
o
Merespon ungkapan – ungkapan meminta,
memberi dan menerima jasa, meminta, memberi dan menolak barang, mengakui dan
mengingkari fakta, dan meminta dan member pendapat.
o
Melakukan dialog bersama teman.
o
Mempresentasikan dialog yang sudah
dibuat di depan kelas.
Konfirmasi
o
Guru mengoreksi kesalahan – kesalahan
siswa yang sering di ulang – ulang.
o
Guru memberikan solusi untuk menghindari
terjadi kesalahan.
c.
Kegiatan Penutup
o
Guru memberikan pekerjaan rumah.
o
Guru memberikan gambaran tentang materi
pada pertemuan selanjutnya.
5. Sumber
Belajar
-
Smart Steps
-
Flashcard
-
Kamus
6. Penilaian
a.
Tehnik :
Tes tulis , lisan dan merespon ungkapan.
b.
Bentuk :
Pertanyaan,membuat paragraph dan membuat percakapan.
c.
Instrument :
Meeting 1
-please fill in the blank word in the
text below with the words that match and correct from the options .
Monkey
Monkey is a species
of primate is really close to human. Monkey is the animal
with the highest thinking capabilities. Monkey is really similar to human in
every aspect. Monkey is an animal that live in the
jungle. Monkey live in a family like human. Monkey usually eat banana. Monkey
can be seen in the Africa or Indonesia. The species of monkey that found in
Indonesia is called orangutan.
Monkey
has a lot of hair at the entire part of their body. The hair functions as
protection from rain and weather. They has a big ear. Monkey usually use
their nose to smell their prey or food and something that can make them in
danger.
Monkey
has strong muscles. It enables the monkey to jump freely from tree to tree.
Monkey has a long hand. The long hand is used to reach the vibe and hang at
it.
|
Monkey
Monkey is a species
of (1…..) is really close to human. Monkey is the animal
with the highest thinking (2…..). Monkey is really similar to human in every
aspect. Monkey is an animal that live in the (3…..).
Monkey live in a family like human. Monkey usually eat banana. Monkey can be
seen in the Africa or Indonesia. The(4…..) of monkey that found in Indonesia
is called orangutan.
Monkey has a lot of hair at the entire
part of their body. The hair functions as (5…..) from rain and weather. They
has a big ear. Monkey usually use their nose to(6…..) their prey or food and
something that can make them in danger.
Monkey has strong(7…..). It enables
the monkey to jump freely from tree to tree. Monkey has a long hand. The long
hand is used to reach the vibe and hang at it
|
1. Where
is the monkey live?
2. What
is the function of hair for the monkey?
3. What
is nickname monkeys in Indonesia?
4. What
is the function long hand for monkey?
5. How
is the characteristic of the monkey.mention?
-meeting 2
Complete the dialogue below by the suitable
expression!
1. A
: could you open the door please?
B : ……………
2. A
: Can you give me an umbrella, please?
B : …………….
3. A
: Did you take my money on the table, van?
B :
No. ………
4. A
: What do you think about this house?
B : ……
5. A
: Can you help me to close the window, please?
B : …………..
d.
Pedoman Penilaian
1. Tiap
jawaban benar skor = 10
2. Jumlah
skor maksimal = 100
3. Nilai
siswa= Skor maksimal
Skor benar
Mengetahui, Mengwi,
30 juli 2012
Kepala Sekolah Guru
Mapel Bahasa Inggris
(Drs. I wayan Sukertha) (Ni
Made Sumerti, S.Pd)
NIP.195803181984031007 NIP.
0 comments:
Dí lo que piensas...